Selasa, 15 Oktober 2019

Resume Sistematika Penulisan Skripsi Mahasiswa PAI/FTIK IAIN Pontianak

Resume Sistematika Penulisan Skripsi Mahasiswa PAI/FTIK IAIN Pontianak
Nama : Siti Nurmaulina
NIM    : 11901369
Kelas  : PAI D Semester 1
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 PONTIANAK

SKRIPSI
OLEH :
AYU LESTARI
NIM. 1101110431
Motto:
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6)
“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S Ash-Syarh:5-6)
ABSTRAK
AYU LESTARI (2010), Faktor yang Memengaruhi Aktivitas Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas VIII di SMP Negeri 13 Pontianak Tahun Pembelajaran 2014/2015. Skripsi, Pontianak: Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap aktuvitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidiksan agama Islam pada kelas VIII di SMP Negeri 13 Pontianak. Adapun permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah  mengenai faktor yang dominan mempengaruhi aktivitas belajar siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifdeengan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian adalah siswa yang mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan perhitungannya menggunakan program Visual Partial Least Squere (VPLS).
Hasilnya menunjukan bahwa: 1) faktor internal berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI, hal ini dilihat dari perolehan nilai hasil uji t untuk koefisien adalah 7,102 yang ≥ nilai t tabel untuk α = 0,05 yaitu 1,96. Besaran pengaruhnya mencapai 81,72%. Hal ini jelas menunjukan bahwa aspek psikologis (intelegensi, perhatian, minat, motivasi, kematangan, kesiapan belajar). Sifat pengaruhnya positif (+) artinya semakin dominan faktor internal maka semakin meningkat aktuvitas belajar. Sebaliknya semakin minimal pengaruh faktor internal maka semakin kurang aktivitas belajarnya. Indikator yang paling rendah pengaruhnya terhadap aktivitas belajar pada faktor internal yang dengan muatan faktornya B02 -0,0342 yaitu tentang lamban dalam berpikir. 2) faktor eksternal berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI, hal ini dilihat dari perolehan nilai hasil uji t untuk koefisien adalah 6,311 yang ≥ nilai t tabel untuk α = 0,05 yaitu 1,96. Besaran pengaruhnya mencapai 77,96%. Hal ini menunjukan bahwa faktor lingkungan sekolah (metode pembelajaran, media pembelajaran, fasilitas sekolah). Sifat pengaruhnya positif (+) artinya semakin dominan faktor internal maka semakin meningkat aktuvitas belajar. Sebaliknya semakin minimal pengaruh faktor internal maka semakin kurang aktivitas belajarnya. Indikator yang paling rendah pengaruhnya terhadap aktivitas belajar pada faktor internal yang dengan muatan faktornya B22 -0,0260 yaitu tentang media pembelajaran.
DAFTAR ISI 
ABSTRAK
KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR 
BAB I  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Masalah Penelitian
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
BAB II FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
A. Penelitian Terdahulu 
B. Aktivitas Belajar
C. Jenis-jenis Aktivitas Belajar
   1. Diskusi
   2. Mencatat Pelajaran 
   3. Bertanya
   4. Mengerjakan Tugas 
    5. Menyimak
D. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Aktivitas Belajar
     1. Internal
     2. Eksternal
E. Pembelajaran
F. Pendidikan Agama Islam
G. Kerangka Pikiran
H. Hipotesis
BAB III METODE PENELITIAN
A. Metode Dan Pendekatan Penelitian
     1. Metode Penelitian
     2. Pendekatan Penelitian
B. Lokasi Penelitian
C. Variabel Penelitian
D. Definisi Oprasional
E. Populasi
F. Sampel
G. Tekhnik Dan Alat Pengumpulan Data
     1. Angket 
     2. Dokumentasi
H. Tekhnik Analisis Data
BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian
B. Paparan Data
C. Pengolahan Dan Analisis Data
D. Pembahasan 
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan 
B. Saran
KUTUPAN :
1. Menurut Anton M. Mulyono (2001:26), aktivitas artinya “kegiatan atau keaktifan. Jadi aktivitas adalah segala sesuatu yang dilakukan atau kegiatan-kegiatan yang terjadi baik fisik maupun non fisik merupakan suatu aktivitas.
Daftar pustaka 
Anton M. Mulyono. 2001. Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok. Jakarta: Rajawali Pres
2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Depdikbud 1990:170), aktivitas adalah kegiatan kerja yang dilakukan untuk suatu tujuan.
Daftar pustaka 
Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka 
3. Menurut  pendapat Dini Rosdiani (2012:17), bahwa belajar adalah “ perubahan tingkah laku individu sebagai hasil dari pengalamannya dalam interaksi dengan lingkungannya”
Daftar pustaka 
Dini Rosdiani. 2012. Model Pembelajaran Langsung. Bandung: Alfabeta 
4. Menurut Dalyono (2005:49), belajar adalah suatu usaha perbuatan yang dilakukan secara sungguh-sungguh dengan sistematis menggunakan semua potensi yang dimiliki, baik fisik, mental serta dana, panca indra dan anggota tubuh lainnya.
Daftar pustaka
M. Daryono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakatra: Rineka Cipta
5. Menurut M. Alisuf Sabri (1996:55), belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar itu terjadi melalui usaha dengan mendengarkan, membaca, mengikuti petunjuk, mengamati, memikirkan, menghayati,meniru, melatih, mencoba sendiri atau berarti dengan pengalaman atau latihan.
Daftar pustaka
 Alisuf Sabri. (1996). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya
6. Menurut Abdurrahman Abror (1993:67), belajar adalah kegiatan atau usaha sengaja yang menimbulkan suatu perubahan ( dalam arti tingkah laku, kapasitas) yang relatif tetap sehingga dapat membedakan antara keadaan individu berada dalam situasi belajar dan sesudah ia melakukan belajar.
Daftar pustaka 
Abdurrahman Abror. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana 
7. Menurut Slemeto (2003:63), menyatakan bahwa keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama yang sangat dominan dalam perkembangan anak.
Daftar pustaka
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta 
8. Menurut Maman Rahmat (1997:149), dalam proses belajar peserta didik pastinya ada beberapa yang memengaruhi aktivitas belajar ada 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Daftar pustaka 
Maman Rahmat. Manajemen Kelas. Semarang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi.
9. Menurut Shochib (1998:4), beliau menyatakan bahwa oang tua yang bersikap otoriter atau memberi kebebasan penuh menjadi pendorong bagi anak untuk berprilaku agresif.
Daftar pustaka
Shochib. 1998. Mengembangkan Kreativitas dalam Persfektif Psikologi Islam. Jogjakarta: Menara Kudus
10. Menurut Sardiman (2001:71), motivasi belajar berarti perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan adanya feeling dan didahului dengan adanya tanggapan terhadap adanya tujuan.
Daftar pustaka 
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar