Bismillah
Nama: Siti Nurmaulina
Nim: 11901369
Makul: MAGANG 1
Tugas Laporan Bacaan
Assalamu’alaikum
Identitas Buku:
Buku : Psikologi Pendidikan
Penulis : Dr. Muhibbin Syah, M.Ed
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Cetakan : Ke-20, Maret 16
Sumber : Buku sendiri
Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah saya masih bisa diberi nikmat sehat untuk mengerjakan laporan bacaan ini. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tugas mingguan dari mata kuliah Magang 1. Membaca dan menulis dalam laporan merupakan bagian penting untuk mahasiswa sebagai latihan dalam menuis skripsi nantinya.
Buku yang dilaporkan adalah buku yang berjudul Psikologi Pendidikan yang di tulis oleh Dr. Muhibbin Syah, M.Ed
Dalam buku ini ada bab yang membahas tentang pengaruh karakteristik siswa terhadap kegiatan belajar mengajar.
Menurut Muhibbin Syah, belajar adalah tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif.
Dari pengertian belajar diatas dapat di simpulkan bahwa belajar adalah suatu proses yang menimbulkan perubahan tingkah laku individu yang disengaja untuk membentuk kepribadian yang seutuhnya.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar
Minat tidak muncul dengan sendirinya banyak faktor-faktor yang mempengaruhi minat terhadap sesuatu, dimana secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu yang bersumber dari dalam diri individu yang bersangkutan dan yang berasal dari luar mencakup lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Menurut Muhibbin Syah faktor yang mempengaruhi minat ada dua, yaitu :
a. Faktor Instrinsik
Faktor instrinsik yaitu hal dan keadaan yang berasal dari dalam diri
siswa sendiri yang dapat mendorongnya melakukan tindakan belajar
meliputi perasaan menyenangi materi dan kebutuhan terhadap materi
tersebut.
b. Faktor Ekstrinsik
Faktor ekstrinsik yaitu keadaan yang datang dari luar individu siswa
yang juga mendorongnya untuk melakukan kegiatan belajar, meliputi
pujian, hadiah, peraturan atau tata tertib sekolah, suri tauladan orang tua dan cara mengajar guru.
* Pengaruh Karakteristik Siswa terhadap Kegiatan Belajar Mengajar.
Dalam proses belajar mengajar karakteristik para siswa sangat perlu diperhitungkan lantaran dapat mempengaruhi jalannya proses dan hasil pembelajaran siswa yang bersangkutan adapun ciri khasnya sebagai berikut :
1. Kematangan mental dan kecakapan intelektual siswa yang meliputi, kecerdasan umum, bakat dan kecakapan ranah cipta yang di peroleh lewat pengalaman belajar.
2.Kondisi jasmani dan kecakapan ranah karsa siswa yang meliputi koordinasu antar anggota tubuh, kekuatan, kecepatan dan sebagainya.
3. karakteristik ranah rasa siswa yang meliputi, tingkat minat belajar, jenis motivasi belajar, sikap terhadap guru dan mata pelajaran, dan sebagainya.
4. Kondisi rumah dan status ekonomi keluarga siswa yang meliputi tingkat keharmonisan orang tua dan kelas sosial ekonomi keluarga (kelas atas, kelas menengah atau kelas bawah).
5. Usia siswa berhubungan erat dengan penyesuaian tingkat kematangan dan perkembangan psikofisik dengan tingkat kesulitan mata pelajaran yang dipelajari siswa.
6. Perbedaan Jenis kelamin yang sering berkaitan dengan minat dan bakat siswa. siswa laki-laki lebih cenderung terhadap sains dan teknologi, sedangkan siswa perempuan lebih cenderung terhadap nilai-nilai sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar