Identitas Jurnal
Judul: URGENSI MANAJEMEN KELAS
UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN
Penulis: Yeni Asmara, Dina Sri Nindianti
Penerbit: SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah,
Volume : Vol. 1, No. 1 (Jan-Juni 2019): 12-24.
sumber : https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JS/article/download/192/133#:~:text=Adapun%20Urgensi%20manajemen%20kelas%20dalam,mungkin%20sehingga%20tujuan%20pembelajaran%20dapat
Manajemen
kelas seperti yang dijelaskan oleh Djamarah (2006:51) yaitu serangkaian
kegiatan sistematis sebagaisuatu upaya dalam mendayagunakan potensi kelas yang
ada oleh guru dengan seoptimal mungkin sehingga dapat mendukung terjadinya
proses interaksi edukatif antara peserta didik dengan tenaga pengajar dalam
mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan
pengertian lain dapat diartikan bahwa manajemen kelas menunjukkan sebagai
bentuk pola tingkah laku yang kompleks dari tenaga pengajar dalam hal ini guru
sebagai upaya mewujudkan proses pengajaran dan pembelajaran dapat berjalan
sesuai dengan yang direncanakan secara efektif dan efisien.
konsep
manajemen kelas menunjukkan suatu upaya yang dilakukan guru dalam melakukan
pengelolaan siswa dalam proses pembelajaran di kelas dengan melakukan
serangkaian kegiatan yang sistematis dalam menciptakan dan memelihara
lingkungan atau kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan sehingga dapat
menunjang program pengajaran yang telah direncanakan sebelumnya serta dapat
menimbulkan, meningkatkan serta mempertahankan motivasi belajar siswa sehingga
diharapkan siswa dapat selalu aktif dalam melibatkan diri pada saat proses
pembelajaran atau dapat berperan aktif pada proses pendidikan di sekolah.
Dengan arti lain bahwa manajemen kelas merupakan pola prilaku guru yang
kompleks yang ditunjukkan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan sebagai suatu
upaya agar dapat menciptakan dan memelihara kondisi pembelajaran yang
menyenangkan sehingga siswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara
optimal dan tercapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
Adapun
tujuan manajemen kelas agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan
optimal dan sesuai dengan perencanaan kegiatan sebelumnya sehingga tujuan umum
dan khusus dari pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien serta
membantu memberikan kemudahan bagi siswa dalam mengekplorasi potensi yang
dimiliki sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Dengan kata lain
manajemen kelas juga bertujuan untuk mengupayakan agar peserta didik pada saat
mengikuti proses pembelajaran di kelas dapat melakukan aktifitas belajar serta
mengerjakan tugas atau kegiatan laiinya sesuai dengan peraturan yang berlaku
sehingga menciptkan suasana tertib dan mampu mengembangkan serta membangkitkan
sikap siswa untuk bertanggung jawab atas segala prilaku yang ditunjukkan oleh
siswa ketika proses pembelajaran berlangsung di kelas sehingga apa yang menjadi
tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.
Untuk
mengimplementasikan manajemen kelas secara efektif dan efisien, guru perlu
memiliki pengetahuan mengelola pembelajaran dalam kelas yang dimulai dari tahap
awal seperti kegiatan merencanakan, memiliki pengetahuan luas tentang bagaimana
melakukan pengorganisasian kelas yang baik serta diperlukannya sikap kewibawaan
guru yang perlu ditingkatkan sehingga memunculkan jiwa kepedulian, semangat
mengajar, disiplin mengajar, keteladanan dan hubungan manusiawi dengan siswa
sebagai moral yang bermartabat dalam rangka membantu mewujudkan suasana
pembelajaran di sekolah yang kondusif. Disampingi itu juga dalam
pengimplementasian manajemen kelas ini guru juga dituntut untuk melakukan
fungsinya sebagai manajer atau guru dalam meningkatkan proses pembelajaran,
seperti dengan melaksanakan kegiatan pembinaan pada siswa, memberikan
saran-saran positif , tukar pikiran atau sumbang saran guru pada siswa sebagai
upaya untuk membangkitkan motivasi dan semangat belajar yang pada akhirnya
mengupayakan untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Adapun Urgensi
manajemen kelas dalam mencapai tujuan pembelajaran yaitu (1) Kegiatan manajerial
yang meliputi kegiatan dalam upaya untuk menciptakan dan memelihara kondisi
kelas yang kondusif dan menyenangkan yang dapat memungkinkan terlaksananya
proses pembelajaran seoptimal mungkin sehingga tujuan pembelajaran dapat
dicapai secara efektif dan efisien. (2) Peran guru dalam pengimplementasian
manajemen kelas dapat meliputi kegiatan seperti pengorganisasian kelas,
pengaturan tempat duduk siswa, pengaturan alat dan bahan serta media pelajaran,
pemeliharaan keindahan dan kebersihan ruangan kelas, , dan lain-lain. (3) Pola
tingkah laku guru dalam melakukan pengelolaan kelas sebagai upaya dalam
meningkatkan mutu pendidikan secara umum dan kualitas pembelajaran secara
khusus dapat diwujudkan diantaranya adanya kemampuan guru dalam memahami dan
menguasai kurikulum,serta penguasaan dalam memilih metode dan media
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar