Sabtu, 10 Juli 2021

Laporan bacaan ke 7 Siti Nurmaulina 11901369

 Identitas Jurnal

Judul: URGENSI MANAJEMEN KELAS 

UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN

Penulis: Yeni Asmara, Dina Sri Nindianti

Penerbit: SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 

Volume : Vol. 1, No. 1 (Jan-Juni 2019): 12-24.

sumber : https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JS/article/download/192/133#:~:text=Adapun%20Urgensi%20manajemen%20kelas%20dalam,mungkin%20sehingga%20tujuan%20pembelajaran%20dapat

Manajemen kelas seperti yang dijelaskan oleh Djamarah (2006:51) yaitu serangkaian kegiatan sistematis sebagaisuatu upaya dalam mendayagunakan potensi kelas yang ada oleh guru dengan seoptimal mungkin sehingga dapat mendukung terjadinya proses interaksi edukatif antara peserta didik dengan tenaga pengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan pengertian lain dapat diartikan bahwa manajemen kelas menunjukkan sebagai bentuk pola tingkah laku yang kompleks dari tenaga pengajar dalam hal ini guru sebagai upaya mewujudkan proses pengajaran dan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan secara efektif dan efisien.

konsep manajemen kelas menunjukkan suatu upaya yang dilakukan guru dalam melakukan pengelolaan siswa dalam proses pembelajaran di kelas dengan melakukan serangkaian kegiatan yang sistematis dalam menciptakan dan memelihara lingkungan atau kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan sehingga dapat menunjang program pengajaran yang telah direncanakan sebelumnya serta dapat menimbulkan, meningkatkan serta mempertahankan motivasi belajar siswa sehingga diharapkan siswa dapat selalu aktif dalam melibatkan diri pada saat proses pembelajaran atau dapat berperan aktif pada proses pendidikan di sekolah. Dengan arti lain bahwa manajemen kelas merupakan pola prilaku guru yang kompleks yang ditunjukkan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan sebagai suatu upaya agar dapat menciptakan dan memelihara kondisi pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal dan tercapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.

Adapun tujuan manajemen kelas agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan optimal dan sesuai dengan perencanaan kegiatan sebelumnya sehingga tujuan umum dan khusus dari pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien serta membantu memberikan kemudahan bagi siswa dalam mengekplorasi potensi yang dimiliki sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Dengan kata lain manajemen kelas juga bertujuan untuk mengupayakan agar peserta didik pada saat mengikuti proses pembelajaran di kelas dapat melakukan aktifitas belajar serta mengerjakan tugas atau kegiatan laiinya sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga menciptkan suasana tertib dan mampu mengembangkan serta membangkitkan sikap siswa untuk bertanggung jawab atas segala prilaku yang ditunjukkan oleh siswa ketika proses pembelajaran berlangsung di kelas sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Untuk mengimplementasikan manajemen kelas secara efektif dan efisien, guru perlu memiliki pengetahuan mengelola pembelajaran dalam kelas yang dimulai dari tahap awal seperti kegiatan merencanakan, memiliki pengetahuan luas tentang bagaimana melakukan pengorganisasian kelas yang baik serta diperlukannya sikap kewibawaan guru yang perlu ditingkatkan sehingga memunculkan jiwa kepedulian, semangat mengajar, disiplin mengajar, keteladanan dan hubungan manusiawi dengan siswa sebagai moral yang bermartabat dalam rangka membantu mewujudkan suasana pembelajaran di sekolah yang kondusif. Disampingi itu juga dalam pengimplementasian manajemen kelas ini guru juga dituntut untuk melakukan fungsinya sebagai manajer atau guru dalam meningkatkan proses pembelajaran, seperti dengan melaksanakan kegiatan pembinaan pada siswa, memberikan saran-saran positif , tukar pikiran atau sumbang saran guru pada siswa sebagai upaya untuk membangkitkan motivasi dan semangat belajar yang pada akhirnya mengupayakan untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Adapun Urgensi manajemen kelas dalam mencapai tujuan pembelajaran yaitu (1) Kegiatan manajerial yang meliputi kegiatan dalam upaya untuk menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan yang dapat memungkinkan terlaksananya proses pembelajaran seoptimal mungkin sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. (2) Peran guru dalam pengimplementasian manajemen kelas dapat meliputi kegiatan seperti pengorganisasian kelas, pengaturan tempat duduk siswa, pengaturan alat dan bahan serta media pelajaran, pemeliharaan keindahan dan kebersihan ruangan kelas, , dan lain-lain. (3) Pola tingkah laku guru dalam melakukan pengelolaan kelas sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan secara umum dan kualitas pembelajaran secara khusus dapat diwujudkan diantaranya adanya kemampuan guru dalam memahami dan menguasai kurikulum,serta penguasaan dalam memilih metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar